Monday 13 October 2014

Batik Batang : Batik Warna Jadi Alam Jadi Produk Unggulan Batang

Batik Pekalongan - di perbatasan kota Pekalongan ada sebuah kota besar yaitu Batang, jangan salah tidak hanya solo,pekalongan saja yang terkenal dengan batiknya karena menurut sumber yang saya dapatkan bahwa Kota batang juga ada motif warna sebagai andalanya. lihat ulsanya ini , 

Sebetulnya Kabupaten Batang memiliki ragam batik yang sangat bagus untuk dikembangkan sebagai ikon daerah dengan Batik warna alamnya. Batik warna alam merupakan salah satu kekayaan dan karya hasil kreatifitas masyarakat Batang dan harus dijadikan produk unggulan Kabupaten Batang.

“Peserta yang telah mengikuti pelatihan dan bisa menghasilkan produk batik untuk tetap berkarya, pemerintah siap membantu memasarkan secara online di internet,” ujar Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo saat membuka pameran Sentra Kreatif Rakyat yang berlangsung di halaman rumah dinas bupati sejak 10-12 Oktober.

Dikatakannya, karena Batang belum punya outlet, sehingga produk–produk masyarakat Kabupaten Batang akan dipasarkan melalui internet di rumah toko secara online dan gratis. Hal ini dilakukan, karena belum adanya tempat untuk menjual hasil produk masyarakat secara langsung.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, peserta pelatihan pengembangan produk batik dan manajemen dan kewirausahaan yang diadakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Direktorat Jendral Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya harus membuat paguyuban atau kelompok untuk merencanakan kegiatan ke depan agar berproduksi dan bisa diterima di masyarakat. Pemerintah akan membantu paguyuban dan memasarkan produksinya, diharapkan peserta pameran membentuk paguyuban dan melakukan diskusi untuk keberlangsungan kedepan.

“Kami akan membantu paguyuban sebanyak Rp 50 juta untuk pengembangan produk batik atau kreatif rakyat lainya. Untuk itu masyarakat harus bisa lebih kreatif dalam menciptakan sebuah produk,” katanya.

Perwakilan dari Kemenparekraf Jumadi Al Qubro, menjelaskan selama ini pihaknya telah melakukan pendampingan dan pengembangan desain tata kelola usaha pemasaran dan produk kreatif di Indonesia. Dan ini merupakan tahun ke tiga yang di awali pada tahun 2012 lalu, dan kemungkinan akan berkesinambungan.

“Semoga apa yang menjadi potensi di Kabupaten Batang dapat dikembangkan lebih lanjut. Apabila program pendampingan dari Kemenparekraf mendapat dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah yang akan datang, maka program ini bisa semakin bermanfaat bagi para peserta didik ataupun yang dilatih,” tandas Jumadi. 

Sumber : radarpekalonganonline.com
Disqus Comments